Panduan menjadi Sekretaris Profesional

Jumat, 06 September 2019

ETIKA BERKOMUNIKASI

ETIKA BERKOMUNIKASI


A. ETIKA KOMUNIKASI
                Etika berasa dari kata "Ethikus" (batin) dan dalam bahasa Yunani disebut "Ethicos" yang berarti kebiasaan, norma-norma, nilai-nilai, kaidah-kaidah, dan ukuran-ukuran baik dan buruk tingkah laku manusia. Jadi, etika komunikasi adalah aturan, nilai, atau ukuran tingkah laku baik dalam kegiatan komunikasi di suatu masyarakat. Etika dalam suatu pembicaraan harus diutamakan untuk menghargai dan menghormati lawan bicara. Etika komunikasi perkantoran merupakan istilah yang mempunyai pengertian sendiri, yakni norma nilai atau ukuran tingkah laku yang baik dalam kegiatan di suatu perkantoran. Pada dasarnya komunikasi perkantoran bisa berlangsung secara lisan maupun tertulis. Secara lisan dapat terjadi secara langsung (tatap muka) maupun yang menggunakan media telepon. Sedangkan secara tertulis misalnya dengan menggunakan surat. Baik komunikasi langsung ataupun komunikasi tidak langsung etika perlu diperhatikan.

Hal-Hal yang perlu diperhatikan dalam berkomunikasi dengan semua anggota atau pimpinan perkantoran :
1. Tata krama pergaulan yang baik
2. Norma kesusilaan dan budi pekerti
3. Norma sopan santun dalam segala tindakan

Komunikasi merupakan salah satu bentuk yang sangat penting dalam kegiatan kantor. Seorang Manager harus dapat berkomunikasi secara efektif dengan semua pegawai kantor, baik secara horizontal maupun vertical atau secara diagonal. Pengurusan informasi (Information Handling)  yakni menyampaikan dan penerimaan berita akan berjalan dengan baik bila dalam kantor itu terdapat komunikasi yang efektif.

B. ETIKA MENERIMA TAMU
                Dalam menerima tamu ada hal-hal yang harus diperhatikan oleh sekretaris antara lain :
1. Apabila sudah ada janji, tepat waktu, apabila sedang ada tugas diluar kantor harus menghiraukan dan meminta maaf untuk datang terlambat (prioritas perlu dipertimnbangkan)
2.  Apabila tamu masuk, hendaknya berdiri, tersenyum, dan berjabat tangan.
3. Berikan sapaan ramah kepada tamu.

C. TATA CARA MENGANTAR DAN MELAYANI TAMU
1. Jangan membeda-bedakan tamu.
2. Bagian penerimaan tamu adalah wajah perusahaan.
3. Apabila tamu datang segera disambut.
4. Etika mengantar tamu tunjukkan ke arah yang dituju.
5. Ketika mengantar tamu ke tempat tujuan berjalan agak kedepan dengan posisi sedikit miring sambil sesekali menengok ke belakang untuk memperhatikan jalan tamu.
6. Membukakan pintu untuk tamu kalau pintu bergerak ke arah tamu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Menjadi Seorang Sekretaris yang Profesional

CARA MENJADI SEORANG SEKRETARIS YANG PROFESIONAL 1. Memiliki Kepribadian yang Baik                 Seorang sekretaris tidak hany...